Radio Rri Pusat Portal Berita Nomor 1 Di Indonesia

Radio Rri

Sejak dulu radio RRI sudah menjadi satu hal yang sangat familiar untuk banyak orang di Indonesia. Radio yang satu ini merupakan milik pemerintah Indonesia dan sudah ada sejak lama. Kita mungkin sering kali mendengar atau mengetahui sejumlah orang yang membicarakan radio RRI. Hal ini sangat wajar, terlebih sebelum ada banyak stasiun radio, RRI menjadi satu yang paling kenal.

Kenali dulu napak tilas radio RRI, “Sekali di Udara, Tetap di Udara

Sebagian dari kita pasti sudah tak asing lagi dengan keberadaan radio RRI. Stasiun radio yang satu ini adalah milik pemerintah yang didirikan sudah lama sekali, yaitu pada tanggal 11 September 1945. Slogan dari Radio Republik Indonesia atau RRI ialah “Sekali di Udara, Tetap di Udara”. Maka dari itu, radio ini sudah dikenal sejak dulu dari generasi ke generasi.

Stasiun radio yang satu ini didirikan oleh beberapa tokoh poker online yang sebelumnya aktif dalam mengoperasikan sejumlah stasiun radio Jepang yang ada di 6 kota. Berdasarkan hasil rapat utusan 6 radio, pemimpin umum RRI pertama dipercayakan pada Dokter Abdulrahman Saleh. Di samping itu, ada Piagam 11 September 1945 yang dihasilkan sebagau sebuah deklarasi.

Pada Piagam 11 September 1945 ada 3 butir komitmen fungsi dan tugas radio RRI yang selanjutnya dikenal dengan nama Tri Prasetya RRI. Butir yang ketiga merefleksikan adanya komitmen Radio Republik Indonesia di era reformasi untuk menjadikan stasiun radio ini sebagai Lembaga penyiaran Publik independen, mandiri, netral, juuga senantiasa memiliki orientasi untuk kepentingan masyarakat.

Sejak dulu hingga kini, stasiun radio yang satu ini selalu aktif menyiarkan berita apa pun. RRI sendiri sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke, sehingga tak heran jika stasiun radio ini menjadi portal utama yang menyiarkan berita secara nasional bahkan per daerah. Hal ini tentu akan memudahkan siapa pun untuk mengetahui banyak berita terkini di Indonesia.

Beberapa variasi siaran radio RRI yang bisa Anda ikuti

Pada masa kini, radio RRI telah memiliki 60 stasiun penyiaran serta stasiun penyiaran khusus yang ditujukan khusus ke luar negeri dengan nama “Suara Indonesia”. Kecuali yang berkedudukan di Jakarta, stasiun radio di hampir semua daerah mengadakan siaran yang terbagi dalam 3 program. Ketiga program tersebut seperti berikut ini.

  • Program Daerah atau PRO 1

Program ini merupakan siaran Pusat Pemberdayaan Masyarakat atau yang dikenal dengan nama Kanal Inspirasi. Program ini melayani segmen masyarakat di pedesaan, perindustrian, pengunungan, dan juga perkotaan.

  • Program Kota atau PRO 2

Program radio RRI ini merupakan siaran yang dikenal dengan nama Suara Kreativitas atau Pusat Kreativitas Anak Muda. Program ini melayani masyarakat muda yang ada di perkotaan dan juga kabupaten.

  • Program III atau PRO 3

Ini adalah siaran langsung dari Jakarta yang dikenal dengan nama Jaringan Berita Nasional. Program ini menyajikan berita serta informasi atau News Channel selama 24 ham dan disiarkan oleh tiap stasiun Radio Republik Indonesia daerah pada masyarakat luas yang ada di seluruh Indonesia.

Di samping beberapa program di atas, ternyata Radio Republik Indonesia atau RRI juga memiliki stasiun di Cabang Utama Jakarta dengan 5 program. Hal ini agak berbeda dengan yang ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa mengetahui kelima program radio RRI yang disiarkan oleh Stasiun Cabang Utama Jakarta seperti berikut ini.

  • PRO 1

Merupakan siaran dengan nama Pusat Pemberdayaan Masyarakat yang ditujukan untuk pendengar yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Program ini ditujukan untuk usia dewasa yang berisi siaran khusus tentang informasi, hiburan dan budaya, serta pendidikan. Penyiar yang dikenal adalah Ratih Atmodjo, Velly, dan Yudi Ismail.

  • PRO 2

Siaran radio RRI ini dikenal dengan Pusat Kreativitas Anak Muda. Segmen pendengarnya untuk pemuda dan remaja di Provinsi DKI Jakarta. Siarannya khusus untuk musik dan informasi gaya hidup. Penyiat yang dikenal antara lain Dila Hermawan, Rizki Ifnafiar, Desi Aldiana, dan Ferli Djan.

  • PRO 3

Ini adalah siaran dengan nama Jaringan Berita Nasional. Program ini menyiarkan berita dan informasi atau News Channel selama 24 jam. Beberapa penyiar yang dikenal adalah Bening Putrawan, Luna Ellya, dan Tomo Hakim.

  • PRO 4

PRO 4 merupakan siaran dengan nama Jaringan Berita Nasional. Program ini menyajikan berbagai macam kebudayaan Indonesia secara mediumwave dan shortwave. Beberapa penyiar yang dikenal antara lain Didi, Ferdi, Tiara Adinda, dan JJ.

  • Channel V

Program radio RRI yang satu ini juga dikenal dengan nama Suara Indonesia untuk siaran luar negeri.

Itulah beberapa informasi tentang radio RRI sebagai portal pusat penyiaran nomor 1 di Indonesia. Anda sudah mengetahui hal ini dan tak perlu merasa bingung lagi dengan radio kebangsaan Indonesia.